"SELAMAT DATANG" DI AUTOSPOT.COM Perencenaan pendirian bengkel resmi ~ Blog.Autospot

Sabtu, 12 Juli 2014

Perencenaan pendirian bengkel resmi

TUGAS

TEKNIK DAN MANAJEMEN INDUSTRI








Disusun :
Dino Septianto
26.006.005






FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA
YOGYAKARTA
2008


Perencanaan Pendirian Bengkel Resmi Motor Honda AHAS

1. LATAR BELAKANG
Salah satu jenis usaha yang mempunyai sejarah sepanjang peradaban manusia adalah usaha pelayanan atau jasa. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk yang punya sifat ingin berkuasa dan ingin dilayani. Berpegang pada fitrah dasar manusia inilah sebenarnya peluang untuk mendapatkan peluang mendirikan usaha cukup besar, tapi tetap harus memperhitungkan potensi-potensi yang ada.
Berikut ini yang perlu diperhatikan oleh setiap calon pengusaha-pengusaha muda sebelum mulai mewujudkan mimpinya …..
1.      Produk yang sudah memasyarakat ( artinya banyak pemakainya )
2.      mempunyai kebutuhan untuk perawatan atau bisa juga sangat konsumtif
3.      Memberikan harga yang terjangkau untuk konsumen
4.      Banyak-banyak mengamati sekeliling/lingkungan sekitar dengan pemikiran yang mulai dilatih bahwa itu bisa jadi tambang uang
Berdasarkan pengertian diatas saya ingin menerapkanya di bidang sain dan teknologi. Karena di massa sekarang kita sudah mulai masuk ke dunia teknologi tinggi dimana, tenaga hewan dan tenaga manusia telah diganti oleh mesin. Sehingga mempermudah atau memperingan tenaga manusia, seperti di bidang transportasi sekarang sudah tidak lagi menggunakan kereta kuda melainkan menggunakan mobil, motor, dan alat-alat transportasi lain,selain lebih praktis juga mampu membawa beban yang besar. Oleh karenanya sekarang alat transportasi banyak di gunakan oleh manusia. Seperti motor, motor merupakan alat trasportasi yang sangat cocok digunakan untuk kalangan rumah tangga. Selain bentuknya yang ramping harganya juga lebih murah dibandingkan dengan mobil.

Makanya sekarang banyak sekali orang yang mengunakan motor sebagai alat transportasi mereka. Karena terlalu sering digunakan pastinya motor tersebut akan aus atau rusak. Sehingga saya merencanakan mendirikan bengkel resmi Honda, tantunya untuk menagulangi hal-hal tersebut tadi, mengapa saya memilih mendirikan bengkel resmi Honda?
  1. Produk yang sudah memasyarakat ( artinya banyak pemakainya )
  2. karena di daerah tersebut belum ada bengkel resmi Honda, padahal di daerah tersebut sudah banyak sekali orang yang menggunakan motor Honda dan mereka sering ke daerah lain untuk melakukan perawatan dan perbaikan motor mereka.
  3. karena belum ada bengkel yang memenuhi setandart benkel di daerah tersebut, seperti penggunaan alat-alat yang masih sederhana dan seadanya (manual), padahal untuk melakukan perawatan dan perbaikan harus menggunakan alat-alat khusus, seprti Tachometer : Alat Pengukur Kecepatan Putaran  Mesin, dan lain sebagainya.
  4. diharapkan dengan adanya bengkel tersebut mampu mengefisiensi waktu dan biaya perbaikan yang harus dikeluarkan konsumen.
mudah-mudahan dengan saya mendirikan bengkel ini bisa bermanfaat untuk semua kalangan, bagi konsumen,  warga sekitar, dan tentunya untuk saya pribadi.

 Keuntungan Bengkel Resmi
1.      Mempunyai system management yang standar, Pemilik tinggal menjalankan system tersebut tanpa perlu memikirkan cara membuatnya
2.      Pembinaan yang kontinyu dari Main Dealer, jadi pemilik tidak sendirian dalam menghadapi berbagai masalah dlm bengkelnya karena Main Dealer akan ikut membantu menyelesaikan
3.      Pelatihan Mekanik yang distandarisasi dan up to date. Jadi skill mekanik bisa ditingkatkan dengan pelatihan-pelatihan mekanik dari main dealer. Dimana informasi-informasi teknik terbaru dari suatu produk bisa terus diikuti
4.      Mendapat Pedoman-pedoman reparasi, sehingga mekanik punya panduan untuk melakukan servis sepeda motor lengkap dengan ukuran-ukuran yang standar
5.      Punya wadah tukar informasi dengan para pemilik bengkel yang lain, jadi bisa saling tukar strategi untuk bisa bahu-membahu memajukan bengkelnya masing-masing
6.      Mempunyai fasilitas harga khusus untuk pembelian tools atau spare part di Main Dealer
7.      Mendapatkan fasilitas Exterior dan Interior. ( Sampai dengan tahun 2010, satu bengkel AHASS bisa mendapat subsidi sampai l.k. 50 – 75 JUTA RUPIAH. )
8.      Mendapatkan material promosi atau ikut dipromosikan oleh main dealer ( gratis tentu saja ) yaitu Nama Bengkel Resmi. Contoh AHASS ( Honda).
9.      Yang paling penting adalah : Bengkel Resmi di “beri “ konsumen oleh Main Dealer yaitu pemberian kartu servis berkala untuk sepeda motor baru. Dengan cara demikian konsumen “dipaksa” masuk ke bengkel resmi untuk mendapatkan servis gratis dengan ditukar kartu.

Kerugian Bengkel Resmi
Tidak begitu banyak kerugiannya sebenarnya hanya ada larangan : Menservis sepeda motor produk competitor. Contoh AHASS dilarang menservis sepeda motor non-Honda! Juga mematuhi policy dari Agen Tunggal Pemegang Merk ( ATPM ) seperti : Menjual spare part yang bukan genuine dan/atau oli yg non recommended.
Lainnya hanya sekedar masalah image saja, seperti : Mekanik Bengkel Resmi hanya bisa tune up saja, tidak mau menservis sepeda motor lama, main ganti part dll. Padahal semua yang dilakukan bengkel umum, Bengkel resmi juga bisa!




2. PENENTUAN LOKASI ATAU LETAK PERUSAHAAN
1. Penentuan Lokasi
Pemilihan lokasi harus memperhatikan potensi pasar yang tersedia di sekitar lokasi tersebut – tapi tetap memperhitungkan budget yang tersedia –
Pilih lokasi yang dekat dengan pasar, sekolah atau universitas, perumahan, perkantoran dan yang jelas lokasi calon bengkel jangan terlalu masuk kedalam / jauh dari jalan besar, paling tidak ada jalur angkutan umum yang rutin lewat sekitar lokasi. dan saya kira lokasi yang akan saya pilih sudah sesuai dengan kreteia diatas karena terletak di pusat keramaian.
Denah lokasi

 


pasar sukorejo
 


           masjid
Text Box: POLSEK 





                                                           lokasi
                                                                cendana motor
 




Investor juga harus memperhitungkan apakah pendirian bengkel di lokasi yang diincar untuk dijadikan bengkel oleh aparat kelurahan/kecamatan. Peraturannya harus ada ijin keramaian / HO yang ditandatangani oleh tetangga sekitar sebagai tanda tidak keberatan dilingkungannya ada bengkel yang berdiri.
HO ini jangan diremehkan karena banyak kasus investor sudah kontrak / bahkan beli tanah untuk mendirikan bengkel ternyata tidak diijinkan oleh tetangga sekitar.
Lihat saja didaerah sekitar lokasi, apakah ada usaha / bengkel apa saja yang sudah berdiri disitu. Kalau iya berarti gak ada masalah mengenai ijin HO
Langkah ijin Pendirian Bengkel
1.      DASAR HUKUM PEMBERIAN IZIN
1. PERDA No. 14 Tahun 1992
2. Keputusan Bupati Nomor 141 tahun 2001 tentang pendelegasian Wewenang Bupati kepada Kepala Kantor Pelayanan dan Perizinan Terpadu.
INSTANSI PEMROSES: DLLAJD Kabupaten
2.      INSTANSI PEMBERI PERTIMBANGAN
1. Bappeda
2. Dinas PUD.
3. BPN
4. Bagian Hukum
3.      PROSEDUR PENGURUSAN
1. Mengajukan permohonan secara tertulis kepada Bupati bermaterai cukup dan dilengkapi dengan persyaratan yang ditentukan
2. Instansi pemroses mempelajari kelengkapan permohonan.  
3. Instansi pemroses mengkoordinasikan dengan Instansi terkait untuk memperoleh pertimbangan.
4. Instansi pemroses menyusun konsep SK Izin.
5. Penandatanganan pengesahan oleh Pejabat yang berwenang.
6. Instansi pemroses menyampaikan keputusan izin kepada pemohon.
4.      PERSYARATAN IZIN
Bengkel besar mempunyai tempat.
1. Surat Permohonan yang diketahui oleh Camat dan Kades.
2. 1 (satu) lembar foto copy KTP.
3  1 (satu) lembar foto copy IMB.
4  1 (satu) lembar foto copy Izin Gangguan (HO).
Bengkel kecil tidak mempunyai  tempat.
1. Surat permohonan yang diketahui oleh Camat dan Kades.
2. 1 (satu) lembar foto copy KTP.
3. Pas foto hitam putih/berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar.
5.      JANGKA WAKTU BERLAKUNYA IZIN: 5 ( lima ) tahun.
KEWAJIBAN PEMEGANG IZIN
1. Menjaga kebersihan lingkungan. 
2. Menghidari adanya gangguan di sekitarnya (polusi udara dan suara).
3. Daftar Ulang Izin setiap habis masa berlakunya Izin ( setiap 5 tahun ).
6.      SANKSI/DENDA ATAS PELANGGARAN IZIN: Hukuman kurungan selama-lamanya 6 tahun atau denda setinggi-tingginya Rp. 50.000,- ( Lima Puluh Ribu Rupiah ).
7.      BENTUK  IZIN:  SK Bupati.
8.      KEWENANGAN PENANDATANGANAN: Bupati didelegasikan kepada Kepala Kantor Pelayanan dan Perizinan Terpadu
9.      PENYAMPAIAN IZIN: Kantor Pelayanan dan Perizinan Terpadu
2. Bentuk Bangunan
Kalau anda membangun atau memilih bangunan maka  harus memperhatikan bentuk bangunan yang akan di jadikan bengkel.
Berikut ini saya berikan lay out yang umumnya dijadikan lay out dasar bengkel-bengkel resmi - dimana idealnya setiap bengkel mempunyai tempat-tempat berikut


lay out bamngumnan
















  • Ruang Tunggu Konsumen
  • Meja Penerima Tamu
  • Tempat Service
  • Gudang Spare Part
  • WC / Locker Mekanik
  • Ruang Konsultasi Konsumen
  • Dll
Ada beberapa alasan kenapa lay out seperti diatas :
1. Ruang Tunggu
Ruang tunggu konsumen harus bisa dilihat dari luar bengkel, saya ingat bahwa budaya orang jawa adalah sungkan / segan jadi kalo mereka melihat ada orang yang sedang menunggu sepedanya di servis maka mereka merasa nyaman dan tidak segan untuk masuk kebengkel karena ada “temannya”.
Ruang tunggu juga  mempunyai akses melihat langsung sepeda motor yang diservis. Saya kira hampir sebagian besar pemilik kendaraan ingin melihat sendiri. Dengan  system pembuangan yang baik maka sepeda dapat diservis dengan arah membelakangi konsumen, tapi jika tidak maka sepeda motor yang diservis sebaiknya menghadap konsumen. Karena siapa yang mau disuguhi oleh gas buang dari kendaraan yang diservis
2. Tempat Servis Tune up
Tempat servis memang setiap pemilik ingin punya jumlah sebanyak-banyaknya karena berhubungan dengan kapasitas unit yang diservis, sehingga hubungannya dengan uang. Tapi fasilitas dan kenyamanan konsumen juga sangat berpengaruh pada kedatangan konsumen jadi akan saya buat yang sebanyak-banyaknya tapi tidak terlalu banyak.
Nangti tempat servis juga harus bisa dilihat oleh konsumen di ruang tunggu dan juga orang yang lewat didepan bengkel karena bengkel adalah usaha yang bergerak dibidang jasa maka saya harus pamer segala fasilitas yang ada di bengkel saya.
Dan arah parkir sepeda motor yang diservis menghadap sebelah kiri dari mekanik, karena orang yang tidak kidal lebih nyaman memarkir kendaraan kearah kirinya
3. Tempat Servis Bongkar Mesin Ringan - Berat
Selain ada tempat servis untuk tune – up, nangti ada tempat servis khusus untuk bongkar mesin baik ringan atau berat. Karena pekerjaan ini relative lebih lama daripada tune up. Jadi lebih baik saya menjadwalkan konsumen yang ingin bongkar mesin bila jumlahnya tidak bisa dikerjakan dalam sehari daripada mengorbankan tempat servis tune up. Karena keuntungan bongkar mesin yang bisa memakan waktu berjam-jam lebih sedikit dibanding keuntungan tune up.
4. Gudang Spare Part
Gudang spare part ditempatkan berada ditempat yang mudah dijangkau oleh petugas penerima servis. Konsumen dan mekanik bisa dengan mudah membeli atau mengambil spare part kepada petugas penerima servis. Maka akan saya  letaknya dibelakang petugas penerima servis, dan akan didisplay shingga mudah dilihat oleh konsumen, Kalau perlu sebagian besar gudang dari kaca, sehingga isi / kelengkapan dari gudang bisa dilihat oleh konsumen
5. Toilet - Musholla
Toilet yang representative, banyak kasus dimana ada orang yang fanatik memilih suatu tempat hanya karena toiletnya bersih –  walau pelayanannya biasa saja.Maka  jangan meremehkan. Dan pastinya saya juga akan sediakan Mushola, jadi kalo konsumen datang ke bengkel dia tidak perlu pergi keluar hanya untuk memenuhi kebutuhannya.
6. Ruang Konsultasi
Kadang ada konsumen yang tidak puas dengan pelayanan dari mekanik-mekanik bengkel. Maka sangat tidak baaik bila ada konsumen yang marah-marah didepan semua orang, karena saya yakin konsumen yang lain sedikit banyak akan terpengaruh oleh marah komplainnya konsumen tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, akan saya sediakan ruang konsultan yang nyaman ( kalo bisa nangti ada ac atau minimal kipas angin untuk mendinginkan konsumen ) juga berfungsi sebagai kantor saya/penanggung jawab untuk menyelesaikan tugas-tugas administrasinya.
7. Locker / Ruang Istirahat Mekanik
Bila masih ada ruang, maka sediakan ruang locker untuk ganti mekanik atau istirahat. Para mekanik juga karyawan biasa yang membutuhkan privasi untuk ganti atau istirahat.Tempat tersebut bisa dijadikan ajang curhat antar mekanik baik mengenai pelayanan konsumen atau sharing masalah-masalah teknik.
Rincian pembelian tanah dan pembuatan gedung bengkel
Tanah seluas 320 m                                               Rp. 175.000.000,-
Pembangunan gedung                                           Rp. 200.000.000,-
Sarana dan prasarana                                            Rp.  25.000.000,- +
Total                                                                      Rp. 400.000.000,-

Persiapan Menjadi AHASS

Apabila permohonan anda disetujui oleh Main Dealer sebagai AHASS, maka anda akan mendapat surat persetujuan untuk menjadi AHASS. Anda harus mempersiapkan bengkel anda untuk siap mengikuti standar AHASS baik kalau ada permintaan renovasi bangunan atau memenuhi kelengkapan tools.Sebagai gambaran persiapan, maka Main Dealer melalui Service Engineer nya akan memberikan denah lay out standar mereka – yang harus anda setujui – karena standarisasi yang membedakan antara bengkel resmi atau bengkel umum.. Untuk itu saya akan  pilih atau beli bangunan yang tidak ada sekat-sekat atau tiang-tiang penyangga didalamnya karena hal itu sangat mengganggu flow dari bengkel. Selanjutnya yang perlu saya pikirkan selanjutnya adalah melengkapi kebutuhan tools yang cukup banyak….bila memang punya dana yang cukup sebaiknya beli selengkap-lengkapnya tools di Main Dealer, karena walaupun kelihatan mahal tapi kualitasnya sebanding dengan harganya.


Rincian tools yang harus di beli adalah ( harga tahun 2008 ):

Ini adalah daftar alat untuk dua mekanik, jika saya memerlukan 7 mekanik berarti saya harus membeli alat tersebut 4 paket alat dai daftar tadi.
Rincian pembelian alat
Strategic tools
Ø  Mech truster                                        Rp. 3.270.000,-
Ø  Bike lift                                               Rp. 4.302.000,-
Essential engine special tools                        Rp. 6.270.000,-
Measuremen tools                                         Rp. 16.390.000,-
Common tools                                                Rp. 5.800.000,-   +
                        Total                                                               Rp. 36.032.000

Dan yang perlu diingat bahwa tools sebanyak itu belum memenuhi peralatan dasar dari bengkel. Sederhananya anda tidak akan bisa melakukan tune up – service dasar sepeda motor – tanpa membeli tools tambahan. Karena yang saya sebut diatas adalah tools khas dari Honda dan bukan umum dipakai dipasaran. Selain itu hanya AHASS yang berhak beli tools diatas dengan harga khusus. Tools yang serupa dipasaran bukan buatan atau dari PT. Astra Honda Motor ( AHM ) karena menjual tools ke bukan AHASS adalah Pelanggaran.

Selanjutnya Service Enginner Main Dealer akan saya berikan saran / petunjuk mana dulu Tools yang harus dibeli, karena tidak semua tools harus dipenuhi oleh AHASS baru. Baik karena beberapa alat harus ditunjang oleh Interior yang memadai atau mekanik harus menjalani training dulu sehingga mereka paham cara pemakaiannya. Tetapi sekali lagi penulis sarankan kalau anda ingin AHASS anda cepat maju maka salah satu syaratnya adalah tools yang lengkap, selain memudahkan mekanik dalam bekerja juga menjadi nilai jual yang ampuh kepada konsumen.

Inilah enaknya menjadi Bengkel Resmi segala kebutuhan untuk operasional dibantu oleh Main Dealernya. Selain mekanik, anda juga bisa mengirimkan petugas Front Desk ( penerima service ) untuk magang ke MD selama 2 bulan. Dalam waktu itu saya harap skill karyawan  cukup bagus dan sesuai standar Honda untuk bekerja di bengkel saya.

Karena semua sudah dievaluasi persiapan bengkel anda menjadi AHASS sejak surat persetujan diterbitkan dan dinyatakan layak, maka maka selanjutnya saya harus mendapatkan Surat Pengangkatan Sementara (SPS ). Semakin cepat melengkapi syarat-syarat dari MD dan mempunyai mekanik-mekanik yang siap bekerja sesuai standar AHASS maka SPS semakin cepat diraih. Sebaliknya Surat Persetujuan bisa dibatalkan bila calon AHASS tidak segera melengkapi syarat-syaratnya.

Surat Pengangkatan Sementara diberikan kepada calon AHASS baru yang telah memenuhi syarat2 antara lain sebagai berikut :
1.      SDM yang layak. Mekanik yang telah magang di Main Dealer dan mampu melakukan servis ringan atau berat
2.      Petugas frontdesk yang memahami alur kerja bengkel dan aturan-aturan         main AHASS. Dll
3.      Tools and Equipment sudah lengkap
4.      mulai Bike Lift, Baju Mekanik, Mechanic truster, Kompressor dll
5.      Program bengkel ( Computerized ) sudah dapat di aplikasikan
6.      Promosi sudah dilakukan ( detail strategi promosi dibahas terpisah )
Maka dalam waktu lbh kurang tiga bulan maka SPS bisa menjadi AHASS dengan diterimanya Nomor AHASS dari PT. AHM.
Sebenarnya SPS sama dengan AHASS hanya tanpa nomor.
Dari Surat Persetujuan, kemudian SPS dan selanjutnya menjadi AHASS, bagian yang terberat adalah proposal kita disetujui oleh Main Dealer sehingga mendapat Surat Persetujuan. Selanjutnya dapat mengalir seperti air. Tantangan berikutnya adalah Mengembangkan AHASS menjadi bisnis yang menguntungkan. Walaupun ada Main Dealer yang membimbing AHASS, tetap maju mundurnya AHASS tergantung sepenuhnya dari Pemilik AHASS itu sendiri.
Sengaja saya memakai bengkel resmi sebagai acuan, karena secara umum, Bengkel resmi mempunyai sistem yang lebih baik dari Bengkel Umum.
Beberapa bengkel Resmi Sepeda motor di Indonesia, mulai dari
  • Honda dengan AHASS ( Astra Honda Authorized Service Station )
  • Yamaha dengan YSS ( Yamaha Service Shop )
  • dll
caranya menjadi bengkel resmi dan beberapa keuntunganya :
Bengkel resmi yang paling populer dan sangat tersebar di seluruh Indonesia jelas saja Bengkel Resminya Honda yaitu AHASS.
Setiap daerah di indonesia, semua pengajuan menjadi AHASS bisa langsung diajukan ke Main Dealer masing-masing daerah.
Di Jakarta ada Wahana Makmur Sentosa, Jawa Barat ada Daya Adira Mustika, Jawa Tengah ada HSO dan Jawa Timur ada MPM Motor.
Sebagai informasi Jaringan Honda ada 3 jenis yaitu :
H1 : Dealer ( Penjualan ), jadi jaringan dengan status H1 berhak menjual sepeda motor Honda Produksi Astra Honda Motor ( AHM )
H2 : AHASS ( Bengkel ), untuk jaringan dengan status H2, berhak menerima Kartu Perawatan Berkala (KPB) dari sepeda motor Honda yang baru serta menerima service dari sepeda motor Honda lama
H3: Spare Part, jaringan ini berhak menjual spare part Honda  Genuine Part (HGP)
Semua toko/usaha dengan status diatas berhak menerima fasilitas-fasilitas khusus dari PT. Astra Honda Motor (AHM) dan Main Dealer.
Status usaha dapat dirangkap seperti : H123, H12, H1, H23, H2 dan H3. Tergantung ijin dari Main Dealer dan kemampuan anda
Yang perlu saya siapkan proposal pengajuan menjadi AHASS yang berisi  : 
  • Surat Permohonan jadi AHASS
Sebenarnya ada format dasarnya tapi tidak terlalu prinsip. Yang jelas tulis nama, alamat, pekerjaan, kemudian tulis permohonan jadi AHASS dengan lokasi dimana, alamatnya dan ukuran luasnya.
  • Foto Bangunan calon Bengkel
Peminat AHASS sangat banyak jadi kalo hanya mempunyai keinginan jadi AHASS tanpa punya tempat spesifik, maka Main Dealer tidak segan-segan nolak. Jadi saya  harus punya tempat yang fix dulu,  lebih bagus sih milik sendiri ato minimal sudah dikontrak.
Nah sebelum  berspekulasi dengan membeli atau mengkontrak bangunan, survey dulu lokasinya ( lihat artikel Panduan Lengkap Mendirikan Bengkel ) dan pastikan tidak ada AHASS lain yang ada disitu. Minimal Radius 10 km deh biar lebih aman dan lebih bagus lagi kalo deket pusat-pusat keramaian ( Pasar, sekolah, perumahan dll ).
Kalo sudah ok, Foto tampak depan Bangunan anda dan foto pula lingkungan di sekitar bangunan. Main dealer akan lebih senang bila Bangunan anda mempunyai luas yang ideal, ya kira-kira 8 m x 10 m.
  • Lay out Bangunan Bengkel
Penentuan lay out harus sesuai Karena dengan tau panjang - lebarnya maka Main Dealer bisa menentukan bangunan ini layak apa tidak jadi AHASS.
  • Fotocopy KTP dan KSK
Persyaratan standar,  agar jelas penduduk Indonesia dan bukan imigran gelap dan dilampiri foto.
3.TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN

Dalam perencanaan bengkel ini saya menggunakan teknologi tinggi karena untuk memenuhi kebutuhan, yang memungkinkan memenuhi syarat untuk menjadi bengkel ahass, dan tentunya juga untuk promosi sehingga konsumen lebih tertarik untuk melakukan perawatan dan perbaikan di bengkel tersebut.
Contoh alat yang jarang di gunakan di bengkel umum
Tachometer : Alat Pengukur Kecepatan Putaran  Mesin
Mekanisme : Alat ini mempunyai connector cable yang dihubungkan dengan kabel busi sepeda motor ( cukup dijapitkan ). Kemudian sepeda motor dihidupkan, pada kondisi stationer ( iddle ) rpm spd motor +/- 1400 rpm. Dengan alat ini mekanik yang biasa menyetel putaran mesin dengan perasaan dapat mengadjust putaran mesin dengan akurat.
Bengkel resmi (honda, yamaha, suzuki dll ) akan merecomm semua jaringannya memakai alat ini.
Bisa untuk sepeda motor 2 tak atau 4 tak, sistem karburator sampai sistem injeksi.
Itu tadi salah satu alat khusus yang di gunakan di bengkel ini, mungkin kalau di bengkel-bengkel umum jarang yang menggunakan, kecuali bengkel umum yang sudah maju dan berkembang. Sehingga memungkinkan konsumen akan lebih tertarik dating ke bengkel yang saya dirikan.

4.      PROSES PRODUKSI

Untuk proses produksinya akan di terapkan proses produksi terus menerus, karena dengan proses produksi yang terus menerus tentunya tidak mengecewakan konsumen, sehingga konsumen untuk dating itu pasti, mereka tidak takut bengkel tutup jika mereka dating. Selain itu saya juga akan berbagai macam promosi, diantaranya :

5 x Service - 1 x Service Gratis

Cara ini juga sangat familiar oleh beberapa bengkel resmi karena tujuan dan manfaatnya cukup effektif….
Saya akan berikan beberapa mekanisme dan variasinya untuk – sapa tau – meningkatkan konsumen anda ( untuk yang bergerak di bidang sejenis ) atau memberi ilham pada pembaca untuk variasi marketingnya…
Untuk beberapa jenis sepeda motor, baik part atau pelumasnya mempunyai karakter sendiri-sendiri… Dalam hal ini saya akan memberi contoh jenis sepeda motor yang terbanyak di Indonesia yaitu Honda. Dalam aturannya Honda melalui ATPM nya yaitu AHM mewajibkan konsumennya untuk servis setiap 2000 km ato 2 bulan mana yang dicapai lebih dahulu. Bila syarat ini tidak terpenuhi maka Garansi 3 tahun / 3000 km – mana yang dicapai lebih dulu - akan gugur dengan suksesnya. tentu aja servisnya pun harus di Bengkel Resminya yaitu AHASS.
Bagi yang punya bengkel resmi tentu saja pasti ada masalah menerapkan hal ini karena di bantu dengan aturan oleh AHM
Untuk itu kemampuan teknik para mekaniklah yang harus bisa meyakinkan konsumen untuk patuh pada syarat tersebut. Umumnya setelan mesin ( stelan klep, rantai roda dll ) mulai berubah setelah 2000 km dan ini akan mempengaruhi performance mesin secara keseluruhan.
Tips mudahnya akan saya jelaskan mengenai performance sepeda motor yang akan langsung mempengaruhi konsumen, ambil contoh setelan klep.
Bila celah klep mulai longgar ( baca tidak standar ) maka yang terdeteksi oleh konsumen adalah bunyi tek-tek di mesin yang mengganggu, kemudian supply bahan bakar mulai tidak sempurna campurannya serta tidak tepat waktu pengisiannya ke dalam silinder. Akibatnya apa? Sepeda Motor mulai lelet dalam tarikannya dan bertambah BOROS dalam konsumsi bahan bakarnya.
Garis Bawahi kata-kata boros itu dengan berbagai variasi penyampaiannya.
Bagaimana kalo jarang di pake ? kan km gak nyampe-nyampe 2000 km. akan saya  jelaskan bahwa Pelumas mesin pada saat sudah dikeluarkan dari botolnya dan kontak dengan part-part sepeda motor maka life time nya sudah jalan. Rata-rata pelumas / oli kemampuan pelumasannya mulai berkurang pada km ke 2000 ato bulan ke 2. Sehingga walapun jarang digunakan dan km sedikit tapi kalo sudah lewat 2 bulan, maka konsumen harus ganti oli tersebut.
Dari segi teknik, bila kemampuan pelumasan berkurang, maka gesekan antar komponen sepeda motor akan terjadi secara ekstrem yang mengakibatkan panas yang berlebihan di mesin. Mesin bisa jadi over heated!!! Efek yang ditimbulkan adalah pembakaran pada ruang bakar bisa terjadi sebelum waktunya ( baca. Pembakaran tidak sempurna ). Akibatnya apa? Sepeda Motor mulai lelet dalam tarikannya dan bertambah BOROS dalam konsumsi bahan bakarnya. Lho kayaknya pernah baca tuh? Emang di ulang biar paham. Tetapi karena pelumas itu seperti darah dalam tubuh manusia efek selanjutnya bisa timbul keausan dimana-mana, yang kerontokan dari keausannya bisa menyumbat pompa oli!
Akibatnya jadi lebih mengerikan lagi buat dompet konsumen. Aliran oli yang tidak lancer / tersumbat menjadikan gesekan antar mesin tidak dilapisi pelumas/oli sehingga part-part dalam mesin bisa rontok. Dimulai dari part terjauh dari pompa oli, yaitu silinder head dimana banyak komponen mahal disitu, mulai cam shaft, valve dan ‘teman-temannya’ hingga mengajak kerabat dekatnya yaitu piston dan silinder. Nah jika mulai aus/ rusak silakan konsumen mulai belajar merelakan gaji bulanannya gak mampir di dapur tapi di toko part!!!
Dari segi Bisnis, kalo part atapun sepeda motor secara keseluruhan itu awet dan tahan lama itu tidak menyehatkan buat bisnis servis dan spare
part sepeda motor . Tapi bukannya mendoakan kualitas sepeda motor itu harus jelek cuma memang semua produk punya life time. Nah kitalah yang menjaga sepeda motor itu mempunyai life time sepanjang mungkin. Aturan atau kondisi yang diuraikan diatas memang menguntungkan kita untuk me lock up konsumen ( mengunci konsumen biar tidak lari ke tempat lain atawa rutin datang ke bengkel kita ).
Bagaimana konsumen mau datang ke tempat kita ? nah salah satu caranya adalah : memberikan fasilitas 5 x service ditempat kita akan mendapat 1 x service gratis.
Material Pendukung :
1. Komputer : untuk data base konsumen. Yaa bagaimana kita tau kalo konsumen itu datang berapa kali ke bengkel kita kalo gak ada catatannya. Kalo konsumennya sedikit ngak masalah tapi kalo ribuan? masak saya mau nggaji karyawan khusus untuk itu. Jadi cara paling murah ya pake computer
Format yang digunakan biasanya:           

2. Service card : kartu service ini memuat data : Nama konsumen, Nopol sepeda motor, Alamat, tlp, jumlah service dan tanggal service. Dengan demikian konsumen pun ingat berapa kali dia telah service dan juga mempermudah pihak bengkel untuk memonitor kondisi sepeda motor.
Tips : Kartu service ini buatlah sepraktis mungkin. Contoh : seukuran kartu ATM jadi bisa dimasukkan dompet. Karena sering sekali untuk mempromosikan bengkelnya, pemilik memuat banyak keterangan di kartu tersebut sehingga ukuran kartunya jadi besar
Bisa juga menghitung kedatangan konsumen bukan kedatangan sepeda motor. Artinya konsumen yang terdaftar di kartu service bisa membawa sepeda motor siapa saja dan kedatangan yang ke lima tetap dapat servis gratis satu kali. Keuntungannya, konsumen merasa di berikan fasilitas yang lebih baik dari bengkel sehingga mis. dia dititipi temannya untuk servis pun tetep dapat keuntungan, dia sudah diperhitungkan kedatangannya.
Kerugiannya, tidak dapat me lock up 1 konsumen , 1 sepeda motor. Sehingga keuntungannya pun kurang maksimal.
Karena banyak keluhan/kendala dari konsumen, baik yang kehilangan kartu servicenya.
Intinya bagaimana caranya kartu service itu terus terbawa oleh konsumen? Maka saya menyablon plastik STNK dengan kolom-kolom sesuai kartu service seperti biasanya, hasilnya? tidak ada lagi kehilangan kartu service lagi, soalnya kalo plastic STNKnya ilang maka STNK nya juga ilang. Dan kalaupun sepeda motor dibawa orang lain pun tidak masalah, karena dia pasti tetep bawa STNK
3. Hadiah… untuk meransang konsumen loyal datang maka beri hadiah dengan variasi sbb:
· Bila konsumen datang kapan saja tidak terikat waktu atau km sebanyak 5 x maka dia dapat 1 x servis gratis
· Bila konsumen menepati jadwal service dengan teratur / tidak terlambat ( mis. Setiap 2 bulan sekali atau 2000 km ) maka dia mendapat apresiasi/penghargaan lebih besar daripada 1 x servis gratis

 

 

GARANSI SERVICE

salah satu strategi promosi yang cukup menarik adalah menantang konsumen!!! Iya pada dasarnya sifat manusia adalah melanggar aturan. Bila diruangan ada tanda dilarang merokok, maka akan ada kebanggaan tersendiri bila kita bisa merokok disitu tanpa dilarang atau tidak ketahuan.
Prinsip yang sama bisa diterapkan di bengkel.
kualitas servis di bengkel adalah yang terbaik, dengan cara: Tantang konsumen untuk membuktikan kalo kualitas service di bengkel saya jelek atau tidak sesuai harapannya.
Perlu dipahami, kalu ada konsumen yang complain atas pekerjaan/ servis kita maka bersyukurlah. Karena konsumen tersebut ternyata berbuat lebih meskipun kita memberikan pelayanan yang buruk. Yaitu :

1.      Dia tidak langsung pindah ke bengkel lain alias masih loyal
2.      Dia masih mau capek-capek datang ke bengkel kita hanya mau memberitahu kalu pekerjaan mekanik kita tidak baik
3.      Dia juga masih mau memberitahu bagian mana dari motornya atau mekanik mana yang pekerjaannya kurang tepat
4.      Dia masih bersabar mau motornya diperbaiki ulang di bengkel kita… dst

Tapi substansi dari konsumen complain ya seperti yang saya uraikan diatas, jadi dengan sekian banyak upaya dari konsumen masa tidak ada appresiasi dari kita?

Lebih merugikan kalo konsumen kecewa dengan hasil pekerjaan kita, tidak mau kembali dan malah memberitahu kepada temen2nya kalo bengkel kita, bengkel yang jelek!!! Black campaign kan?!?! Memperbaiki Efek berantainya lebih mahal ketimbang ongkos memberikan servis ulang.

LEMBAR POINT SERVICE

1.      Bersihkan karburator                      Main Jet :…….     Slow Jet…….    
2.      Bersihkan Filter Udara             
3.      Cek Air Accu                                  Volt Accu  = ….. v
4.      Setel Renggang Klep                       Klep in = ……     Klep out = ……..
5.      Setel kekencangan rantai roda
6.      Cek Busi                                          Ganti                        Tidak
7.       Dst


Tergantung berapa banyak point service dalam sekali Tune Up. Berikan keterangan / catatan kalo ada komponen atau part yang bukan orisinil. Serta yang tepenting adalah pada saat Mekanik ato Kepala Mekanik  menyerahkan sepeda motor kepada konsumen, jelaskan satu persatu point service yang telah dilakukan mekanik anda. Bila konsumen sudah mengetahui point-point service yang telah dikerjakan, maka mintalah tanda tangan konsumen tersebut dalam lembar Point service. Ini merupakan bukti tertulis bahwa konsumen mengakui atau menyatakan bahwa sepeda motornya telah diservis sesuai dengan point – point service yang dikerjakan di Bengkel anda. Sehingga bila ada complain, maka tinggal di konfirmasi apakah complain tersebut betul – betul kelalaian dari mekanik anda atau sengaja diada-adakan oleh konsumen tersebut.
Positifnya lagi, konsumen jadi benar-benar tahu sepeda motornya diapakan saja oleh mekanik tanpa perlu dia harus menunggu dan ngliatin sendiri sepeda motornya di servis!
Dengan melakukan langkah tadi diharapkan bengkel saya dapat berkembang dan maju.

5.     SPARE PART


Untuk spare part tidak saya masukan kedalam angaran, karena separe part ini nangti sistimnya adalah kita di suplai dulu oleh penyuplay separe part kemudian mengunakan system bagi hasil. Oleh karenanya ini mengumtungkan bagi saya, tapi saya harus melengkapi dulu formulir yang ada kemudian menyertakan bukti kepemilikan bengkel AHASS.

0 komentar:

Posting Komentar