REM CAKRAM
Kekurangan
dan Kelebihan
Rem cakram menjadi salah satu sistem
pengereman modern terbaik pada mobil dan sangat ideal untuk diterapkan pada
tiap mobil, terutama yang telah memakai mesin berkapasitas CC besar. Prinsip
kerja rem cakram adalah dengan menjepit cakram yang biasanya dipasangkan
pada roda kendaraan, melalui caliper yang digerakkan oleh piston untuk
mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram.
Kelebihan rem cakram
em cakram
dapat digunakan dari berbagai suhu, sehingga hampir semua kendaraan menerapkan
sistem rem cakram sebagai andalannya. Selain itu rem cakram tahan terhadap
genangan air sehingga pada kendaraan yang telah menggunakan rem cakram dapat
menerjang banjir.
Kemudian rem
cakram memiliki sistem rem yang berpendingin di luar (terbuka) sehingga
pendinginan dapat dilakukan pada saat mobil melaju, ada beberapa cakram yang
juga dilengkapi oleh ventilasi (ventilated disk) atau cakram yang memiliki
lubang sehingga pendinginan rem lebih maksimal digunakan.
Kegunaan rem
cakram banyak dipergunakan pada roda depan kendaraan karena gaya dorong untuk
berhenti pada bagian depan kendaraan lebih besar dibandingkan di belakang
sehingga membutuhkan pengereman yang lebih pada bagian depan. Namun saat ini
telah banyak mobil yang telah menggunakan rem cakram pada keempat rodanya,
terutama jenis mobil sedan.
Kekurangan rem cakram
Rem cakram
yang sifatnya terbuka memudahkan debu dan lumpur menempel, lama kelamaan lumpur
/ kotoran tersebut dapat menghambat kinerja pengereman sampai merusak komponen
pada bagian caliper seperti piston bila dibiarkan lama. Oleh sebab itu perlu
dilakukan pembersihan sesering mungkin. Tapi gak sulit kok, lagipula bila anda
biasa beredar di wilayah perkotaan, kendala seperti ini tidak perlu
dikhawatirkan.
.
Rem cakram
Mobil
modern kebanyakan telah menerapkan piranti yang satu ini. Biasanya piranti
seperti ini dapat ditemukan pada roda kendaraan baru sehingga dalam setiap
penggunaannya menjadi maksimal dan terarah.
Rem cakram
menjadi salah satu sistem pengereman modern terbaik pada mobil dan ideal untuk
diterapkan pada setiap mobil, terutama yang telah memakai mesin berkapasitas CC
besar. Sistem kerja rem cakram adalah dengan menjepit cakram yang biasanya
dipasang pada roda kendaraan melalui caliper yang digerakkan oleh piston untuk
mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram.
2.
Kelebihan rem cakram
Rem cakram
dapat digunakan dari berbagai suhu, sehingga hampir semua kendaraan menerapkan
sistem rem cakram sebagai andalanya. selain itu rem cakram tahan terhadap
genangan air sehingga pada kendaraan yang telah menggunakan rem cakram dapat
menerjang banjir.
Kemudian
rem cakram memiliki sistem rem yang berpendingin diluar (terbuka) sehingga
pendinginan dapat dilakukan pada saat mobil melaju, ada beberapa cakram yang
juga dilengkapi oleh ventilasi (ventilatin disk) atau cakram yang memiliki
lubang sehingga pendinginan rem lebih maksimal digunakan.
Kegunaan
rem cakram banyak dipergunakan pada roda depan kendaraan karena gaya dorong
untuk berhenti pada bagian depan kendaraan lebih besar dibandingkan di belakang
sehingga membutuhkan pengereman yang lebih pada bagian depan. Namun saat ini
telah banyak mobil yang menggunakan rem
cakram pada keempat rodanya.
3.
Kekurangan rem cakram
Rem cakram
yang sifatnya terbuka memudahkan debu dan lumpur menempel, lama kelamaan lumpur
(kotoran) tersebut dapat menghambat kinerja pengeraman sampai merusak komponen
pada bagian caliper, seperti piston bila dibiarkan lama. Oleh sebab itu perlu
dilakukan pembersihan sesering mungkin.
2.2.Nama-Nama
Bagian Rem
1.
Rem cakram
2.
Piringan rotor
3.
Selang rem
4.
Plat pengatur pad
5.
Plat momen
6.
Plat rem
7.
Pegas penahan pada pegas anti berisik
8.
Shim anti cicit
9.
Silinder rem
10. Karet pelindung utama
11. Perapat piston
12. Piston
13. Karet pelindung silinder
14. Ring set
15. Bushing lucur
16. Karet pelindung (boot)
2.2.1.
Fungsi-fungsi Bagian Rem Cakram
1.
Piringan rotor, untuk menjamin pendiginan yang baik
2.
Selang rem, untuk jalurnya fluida atau
minyak rem
3.
Plat pengatur pad, untuk menahan rem
4.
Plat momen, penahan silinder agar tidak
jatuh
5.
Pad rem, untuk menghentikan piringn
rotor yang sekaligus menghentikan kendaran
6.
Pegas penahan pad, untuk menahan pad
rem agar tidak goyang atau pad rem tidak lepas karena tergajal
7.
Pegas anti berisik, agar pada saat
pengereman berlangsung pad rem tidak berisik
8.
Shim anti cicit, untuk menganjal pad
rem pada silinder rem agar tidak lepas
9.
Silinder rem, sebagai wadah dari pad
rem
2.3.Sistem
Rem
Sistem rem
dirancang untuk mengurangi kecepatan (memperlambat) dan menghentikan kendaraan
atau memungkinkan perkir pada tempat yang menurun. Peralatan ini sangat penting
untuk keamanan berkendaraan dan juga dapat berhenti ditempat manapun, dan dalam
berbagai kondisi dapat berfungsi dengan baik dan aman.
PERAWATAN DAN PERBAIKAN REM CAKRAM
4.1.Langkah Pembongkaran Kampas Rem
Cakram Mobil
Cara ganti
kampas rem depan mobil - Pembongkaran atau servis rem cakram mobil diperlukan
ketika kita mau mengganti kampas rem yang disebabkan mungkin rem bunyi karena
wear limit kampas rem sudah bersentuhan dengan disc brake. Mungkin ketika mobil
melakukan pengereman karena permukaan kampas rem licin dan mengkilap yang
menyebabkan rem bunyi. Mungkin juga karena pen kaliper macet yang menjadi
penyebab rem bunyi sehingga di perlukan langkah untuk membongkar dan ganti
kampas rem cakram mobil.
Untuk
membongkar kampas rem mobil diperlukan beberapa peralatan atau tool:
1.
Dongkrak untuk mengangkat roda depan
2.
Kunci Roda
3.
Kunci Pas,Ring atau kunci shock 12mm
atau 14mm untuk buka baut pen caliper
4.
Track untuk mendorong Piston Rem
5.
Grease atau Pasta Caliper
Berikut
Langkah-langkah atau Cara bongkar rem cakram mobil untuk ganti kampas rem:
- Siapkan kampas rem baru
atau brake pads dan kendorkan semua mur roda yang mau di bongkar brake pad
atau kampas rem nya.
- Dongkrak mobil bagian
depan, di belakang roda yang mau di buka kampas rem nya
- Lepas semua mur roda
dengan kunci roda, mobil ada yang menggunakan 4 atau 5 mur roda
- Buka roda, lepaskan
dari hub roda, sehingga akan tampak gambar disc brake seperti di bawah
ini.
- Gunakan kunci 12 atau
14 untuk buka pen caliper bagian bawah dan buka pegangan slang minyak rem
karena terkadang ada tipe mobil susah buka caliper tanpa buka pegangan slang
minyak rem.
- Tarik Caliper ke atas
setelah baut pen caliper terbuka, seperti gambar di bawah ini
- Buka dengan tarik kampas
rem keluar ke arah samping dan jangan lupa cek kondisi pelumasan pen
caliper, pen caliper harus dengan mudah bisa ditarik atau didorong. Jika
pen caliper terasa keras saat di tarik atau di dorong kemungkinan
pelumasnya kering. Buka pen caliper bersihkan dengan kain dan beri
pelumasan yang tipis.
Perhatikan
posisi plat yang ada di belakang kampas rem, kampas rem ada yang menggunakan
wear limit tertanam pada brake pads tetapi ada juga yang menggunakan plat di
belakang kampas rem untuk indikator wear limit atau indikator ketebalan kampas
rem
- Setelah kampas rem di
buka, biar tidak lupa pindahkan plat yang ada di kampas rem lama ke kampas
rem baru.
- Dorong piston kaliper
ke belakang, hal ini untuk menyesuaikan dengan ketebalan kampas rem baru,
saat mendorong piston jangan lupa perhatikan minyak rem yang ada di
reservoir minyak rem. Karena minyak rem akan naik ketika piston rem di
dorong ke belakan, bertujuan agar tidak sampai tumpah supaya tidak merusak
cat yang ada di bawah reservoir minyak rem. Alat untuk mendorong piston
rem tidak harus memakai track
Tetapi
juga bisa menggunakan bekas kampas rem yang mau diganti untuk mendorong atau
memundurkan piston rem dengan bantuan kunci roda,seperti gambar di bawah ini.
Dorongan pelan sesuai arah panah pada kunci roda, akan membuat piston mundur,
kalau di dorong keras akan percuma karena piston rem akan melawan. Video di
bawah juga terdapat sst - spesial service tool lain untuk mendorong piston rem
pada caliper.
10. Pasang Brake pad yang baru, langkahnya kebalikan dari saat melepas pada
point no 7 diatas, catatan jika brake pad menggunakan indikator jadi satu
dengan kampas rem, taruh kampas rem dengan indikator ketebalan ini di bagian
dalam. Jika kampas rem tidak terdapat indikator artinya indikator ketebalan
kampas rem ini berupa plat yang di pasang di belakang kampas rem,bisa di taruh
sembarang entah bagian luar atau bagian dalam.
11. Turunkan caliper atau pasang kaliper dan terakhir adalah memasang baut
pen caliper.
12. Pasang roda dan hidupkan mesin,jangan langsung jalankan mobil, kemudian
tekan pedal rem beberapa kali, sampai pedal rem terasa keras, yang artinya rem
sudah bekerja dengan baik. Point ini penting karena jika mobil langsung di
jalankan sebelum pedal rem terasa keras, kita akan kaget karena rem akan kosong
seperti blong.
4.2.Kesimpulan Pembahasan
Cara ganti
kampas rem depan mobil - Pembongkaran atau servis rem cakram mobil diperlukan
ketika kita mau mengganti kampas rem yang disebabkan mungkin rem bunyi karena
wear limit kampas rem sudah bersentuhan dengan disc brake. Mungkin ketika mobil
melakukan pengereman karena permukaan kampas rem licin dan mengkilap yang
menyebabkan rem bunyi. Mungkin juga karena pen kaliper macet yang menjadi
penyebab rem bunyi sehingga di perlukan langkah untuk membongkar dan ganti kampas
rem cakram mobil.
Untuk itu pengetahuan dan tata cara merawat dan
memperbaiki kanvas rem mobil perlu diketahui, adapun apabila tidak mengetahui
dapat menanyakan kepada mekanik atau instruktur otomotif yang berpengalaman.
0 komentar:
Posting Komentar