"SELAMAT DATANG" DI AUTOSPOT.COM Kekurangan dan kelebihan rem ~ Blog.Autospot

Jumat, 11 Juli 2014

Kekurangan dan kelebihan rem

                   REM CAKRAM

Kekurangan dan Kelebihan
 Rem cakram menjadi salah satu sistem pengereman modern terbaik pada mobil dan sangat ideal untuk diterapkan pada tiap mobil, terutama yang telah memakai mesin berkapasitas CC besar. Prinsip kerja rem cakram adalah dengan menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan, melalui caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram.

Kelebihan rem cakram
em cakram dapat digunakan dari berbagai suhu, sehingga hampir semua kendaraan menerapkan sistem rem cakram sebagai andalannya. Selain itu rem cakram tahan terhadap genangan air sehingga pada kendaraan yang telah menggunakan rem cakram dapat menerjang banjir.

Kemudian rem cakram memiliki sistem rem yang berpendingin di luar (terbuka) sehingga pendinginan dapat dilakukan pada saat mobil melaju, ada beberapa cakram yang juga dilengkapi oleh ventilasi (ventilated disk) atau cakram yang memiliki lubang sehingga pendinginan rem lebih maksimal digunakan.

Kegunaan rem cakram banyak dipergunakan pada roda depan kendaraan karena gaya dorong untuk berhenti pada bagian depan kendaraan lebih besar dibandingkan di belakang sehingga membutuhkan pengereman yang lebih pada bagian depan. Namun saat ini telah banyak mobil yang telah menggunakan rem cakram pada keempat rodanya, terutama jenis mobil sedan.

Kekurangan rem cakram
Rem cakram yang sifatnya terbuka memudahkan debu dan lumpur menempel, lama kelamaan lumpur / kotoran tersebut dapat menghambat kinerja pengereman sampai merusak komponen pada bagian caliper seperti piston bila dibiarkan lama. Oleh sebab itu perlu dilakukan pembersihan sesering mungkin. Tapi gak sulit kok, lagipula bila anda biasa beredar di wilayah perkotaan, kendala seperti ini tidak perlu dikhawatirkan.


.      Rem cakram

Mobil modern kebanyakan telah menerapkan piranti yang satu ini. Biasanya piranti seperti ini dapat ditemukan pada roda kendaraan baru sehingga dalam setiap penggunaannya menjadi maksimal dan terarah.

Rem cakram menjadi salah satu sistem pengereman modern terbaik pada mobil dan ideal untuk diterapkan pada setiap mobil, terutama yang telah memakai mesin berkapasitas CC besar. Sistem kerja rem cakram adalah dengan menjepit cakram yang biasanya dipasang pada roda kendaraan melalui caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram.

2.      Kelebihan rem cakram

Rem cakram dapat digunakan dari berbagai suhu, sehingga hampir semua kendaraan menerapkan sistem rem cakram sebagai andalanya. selain itu rem cakram tahan terhadap genangan air sehingga pada kendaraan yang telah menggunakan rem cakram dapat menerjang banjir.

Kemudian rem cakram memiliki sistem rem yang berpendingin diluar (terbuka) sehingga pendinginan dapat dilakukan pada saat mobil melaju, ada beberapa cakram yang juga dilengkapi oleh ventilasi (ventilatin disk) atau cakram yang memiliki lubang sehingga pendinginan rem lebih maksimal digunakan.

Kegunaan rem cakram banyak dipergunakan pada roda depan kendaraan karena gaya dorong untuk berhenti pada bagian depan kendaraan lebih besar dibandingkan di belakang sehingga membutuhkan pengereman yang lebih pada bagian depan. Namun saat ini telah banyak mobil yang menggunakan  rem cakram pada keempat rodanya.

3.      Kekurangan rem cakram

Rem cakram yang sifatnya terbuka memudahkan debu dan lumpur menempel, lama kelamaan lumpur (kotoran) tersebut dapat menghambat kinerja pengeraman sampai merusak komponen pada bagian caliper, seperti piston bila dibiarkan lama. Oleh sebab itu perlu dilakukan pembersihan sesering mungkin.



2.2.Nama-Nama Bagian Rem

1.      Rem cakram

2.      Piringan rotor

3.      Selang rem

4.      Plat pengatur pad

5.      Plat momen

6.      Plat rem

7.      Pegas penahan pada pegas anti berisik

8.      Shim anti cicit

9.      Silinder rem

10.  Karet pelindung utama

11.  Perapat piston

12.  Piston

13.  Karet pelindung silinder

14.  Ring set

15.  Bushing lucur

16.  Karet pelindung (boot)

2.2.1.      Fungsi-fungsi Bagian Rem Cakram

1.   Piringan rotor, untuk menjamin  pendiginan yang baik

2.   Selang rem, untuk jalurnya fluida atau minyak rem

3.   Plat pengatur pad, untuk menahan rem

4.   Plat momen, penahan silinder agar tidak jatuh

5.   Pad rem, untuk menghentikan piringn rotor yang sekaligus menghentikan kendaran

6.   Pegas penahan pad, untuk menahan pad rem agar tidak goyang atau pad rem tidak lepas karena tergajal

7.   Pegas anti berisik, agar pada saat pengereman berlangsung pad rem tidak berisik

8.   Shim anti cicit, untuk menganjal pad rem pada silinder rem agar tidak lepas

9.   Silinder rem, sebagai wadah dari pad rem



2.3.Sistem Rem

Sistem rem dirancang untuk mengurangi kecepatan (memperlambat) dan menghentikan kendaraan atau memungkinkan perkir pada tempat yang menurun. Peralatan ini sangat penting untuk keamanan berkendaraan dan juga dapat berhenti ditempat manapun, dan dalam berbagai kondisi dapat berfungsi dengan baik dan aman.



PERAWATAN DAN PERBAIKAN REM CAKRAM



4.1.Langkah Pembongkaran Kampas Rem Cakram Mobil

Cara ganti kampas rem depan mobil - Pembongkaran atau servis rem cakram mobil diperlukan ketika kita mau mengganti kampas rem yang disebabkan mungkin rem bunyi karena wear limit kampas rem sudah bersentuhan dengan disc brake. Mungkin ketika mobil melakukan pengereman karena permukaan kampas rem licin dan mengkilap yang menyebabkan rem bunyi. Mungkin juga karena pen kaliper macet yang menjadi penyebab rem bunyi sehingga di perlukan langkah untuk membongkar dan ganti kampas rem cakram mobil.

Untuk membongkar kampas rem mobil diperlukan beberapa peralatan atau tool:

1.        Dongkrak untuk mengangkat roda depan

2.        Kunci Roda

3.        Kunci Pas,Ring atau kunci shock 12mm atau 14mm untuk buka baut pen caliper

4.        Track untuk mendorong Piston Rem

5.        Grease atau Pasta Caliper

Berikut Langkah-langkah atau Cara bongkar rem cakram mobil untuk ganti kampas rem:

  1. Siapkan kampas rem baru atau brake pads dan kendorkan semua mur roda yang mau di bongkar brake pad atau kampas rem nya.
  2. Dongkrak mobil bagian depan, di belakang roda yang mau di buka kampas rem nya
  3. Lepas semua mur roda dengan kunci roda, mobil ada yang menggunakan 4 atau 5 mur roda
  4. Buka roda, lepaskan dari hub roda, sehingga akan tampak gambar disc brake seperti di bawah ini.
  1. Gunakan kunci 12 atau 14 untuk buka pen caliper bagian bawah dan buka pegangan slang minyak rem karena terkadang ada tipe mobil susah buka caliper tanpa buka pegangan slang minyak rem.

  1. Tarik Caliper ke atas setelah baut pen caliper terbuka, seperti gambar di bawah ini

  1. Buka dengan tarik kampas rem keluar ke arah samping dan jangan lupa cek kondisi pelumasan pen caliper, pen caliper harus dengan mudah bisa ditarik atau didorong. Jika pen caliper terasa keras saat di tarik atau di dorong kemungkinan pelumasnya kering. Buka pen caliper bersihkan dengan kain dan beri pelumasan yang tipis.

Perhatikan posisi plat yang ada di belakang kampas rem, kampas rem ada yang menggunakan wear limit tertanam pada brake pads tetapi ada juga yang menggunakan plat di belakang kampas rem untuk indikator wear limit atau indikator ketebalan kampas rem
  1. Setelah kampas rem di buka, biar tidak lupa pindahkan plat yang ada di kampas rem lama ke kampas rem baru.
  2. Dorong piston kaliper ke belakang, hal ini untuk menyesuaikan dengan ketebalan kampas rem baru, saat mendorong piston jangan lupa perhatikan minyak rem yang ada di reservoir minyak rem. Karena minyak rem akan naik ketika piston rem di dorong ke belakan, bertujuan agar tidak sampai tumpah supaya tidak merusak cat yang ada di bawah reservoir minyak rem. Alat untuk mendorong piston rem tidak harus memakai track

Tetapi juga bisa menggunakan bekas kampas rem yang mau diganti untuk mendorong atau memundurkan piston rem dengan bantuan kunci roda,seperti gambar di bawah ini. Dorongan pelan sesuai arah panah pada kunci roda, akan membuat piston mundur, kalau di dorong keras akan percuma karena piston rem akan melawan. Video di bawah juga terdapat sst - spesial service tool lain untuk mendorong piston rem pada caliper.
10.  Pasang Brake pad yang baru, langkahnya kebalikan dari saat melepas pada point no 7 diatas, catatan jika brake pad menggunakan indikator jadi satu dengan kampas rem, taruh kampas rem dengan indikator ketebalan ini di bagian dalam. Jika kampas rem tidak terdapat indikator artinya indikator ketebalan kampas rem ini berupa plat yang di pasang di belakang kampas rem,bisa di taruh sembarang entah bagian luar atau bagian dalam.
11.  Turunkan caliper atau pasang kaliper dan terakhir adalah memasang baut pen caliper.
12.  Pasang roda dan hidupkan mesin,jangan langsung jalankan mobil, kemudian tekan pedal rem beberapa kali, sampai pedal rem terasa keras, yang artinya rem sudah bekerja dengan baik. Point ini penting karena jika mobil langsung di jalankan sebelum pedal rem terasa keras, kita akan kaget karena rem akan kosong seperti blong.



4.2.Kesimpulan Pembahasan

Cara ganti kampas rem depan mobil - Pembongkaran atau servis rem cakram mobil diperlukan ketika kita mau mengganti kampas rem yang disebabkan mungkin rem bunyi karena wear limit kampas rem sudah bersentuhan dengan disc brake. Mungkin ketika mobil melakukan pengereman karena permukaan kampas rem licin dan mengkilap yang menyebabkan rem bunyi. Mungkin juga karena pen kaliper macet yang menjadi penyebab rem bunyi sehingga di perlukan langkah untuk membongkar dan ganti kampas rem cakram mobil.

Untuk itu pengetahuan dan tata cara merawat dan memperbaiki kanvas rem mobil perlu diketahui, adapun apabila tidak mengetahui dapat menanyakan kepada mekanik atau instruktur otomotif yang berpengalaman.






0 komentar:

Posting Komentar