MELEPAS TRANSMISI DARI KENDARAAN
1. Lapaskan kabel batere dari terminal nagatif.
2. Lapas ampat sakrup dan karet pada tuas
pemindah.
3. Angkat kandaraan dan kuras oli transmisi.
Perhatikan: Pastikan bahwa kendaraan ditopang
dengan baik.
4. Lepas tuas pamindah.
a. Lepaskan kabel dan karet.
b. Lepas dua baut dan lapaskan tuas
pamindah gigi.
5. Lepas poros propeler (lihat Bab 13).
6. Lepas pipa knalpot.
7. Lepas kabel spedometer dan kilometer switch
lampu mundur.
8. Lepas kabel kopling.
9. Lepaskan baut panahan transmisi.
10. Turunkan transmisi.
Catatan: Sebelum menurunkan transmisi,
taruh dongkrak di
bawah mesin, lindungi bak oli dengan balok
kayu.
Membongkar unit Transmisi manual toyota kijang.
LANGKAH-LANGKAH MEMBONGKAR.
1. Lepaskan
garpu pembebas dan hub dengan bantalan pembebas.
2.
2. Lepas roda gigi gerak speedometer dan switch lampu mundur.
3.
3. Lepas rakitan tutup bak transmisi.
4.
4. Lepas rumah kopling dan penahan bantalan depan.
5.
5. Lepas extension housing.
6. Lepas roda. gigi idler mundur,
poros, dan pengunci. Dorong poros
keluar dari arah depan ke arah belakag.
keluar dari arah depan ke arah belakag.
Melepas roda gigi idler mundur dan pengunci
7. Gunakan feeler gauge, ukur celah dorong roda
gigi idler.
Catalan: Buatlah catatan, untuk referensi kemudian.
Celah standar : 0,10 - 0,30 mm (0,0039 - 0,0118
in)
Celah maksimum : 0,30 mm (0,0012 in)
8. Lepas poros roda gigi counter dan pengunci.
a) Menggunakan palu plastrk dan SST, pukullah SST
dari arah depan. SST 09311 - 35020.
b) Biarkan roda gigi counter jatuh di dalam bak
transmisi.
.
Melepas roda gigi counter dan mengunci.
9) Lepas rakitan poros output.
Melepas mkitan paras aunput.
10). Lepas poros output. Tepatkan bagian yang
lurus dari poros input
dengan roda gigi counter dan lepas poros input
11 Lepas roda gigi
counter.
a) Lepas roda gigi counter.
b) Lepas dua bantalan rol jarum dan spacer dari
roda gigi counter.
c) Lepas dua cincin dorong dari bak transmisi.
12 Ukur celah dorong setiap roda gigi menggunakan
feeler gauge
ukur celah dorong.
Celah standar : 0,10 - 0,25 mm (0,0039 - 0,0098
in).
Calah maksimum ; 0,25 (0,01 in )
Mengukurycclah damng setzap rode: gzgt WWW
13. Lepas roda gigi penggerak speedometer.
a) Menggunakan tang snap ring, lepas snap
ring.
b) Lepas roda gigi penggerak speedometer.
c) Menggunakan mas magnetik, Iepas bola pengunci.
d) Menggunakan tang snap ring, lepas snap ring.
J, wu. ' ·
14. Lepas penahan bantalan belakang poros output
dengan bantalannya, roda gigi~1, dua bantalan rol jarum, luncuran dalam, dan
bola pengunci.
a) Menggunakan tang snap ring, lepas snap
ring.
Melepas snap ring
b) Menggunakan hidrolik pres, lepas penahan
bantalan dengan
bantalannya, bersama-sama roda gig-1, dan
luncuran dalam.
c) Lepas dua bantalan rol jarum
d) Menggunakan tuas magnetik, lepas bola
pengunci.
15. Lepas ring syrnchromesh, hub sleeve
no.1, dan roda gigi -2,meuggunakan SST dan hidrolik pres,lepas hub sleeve no.
1, ring synchromesh, dan roda gigi-2. SST 09950 - 00020.
16. Lepas hub sleeve no. 2, ring synchromesh, dan
roda gig -3.
a) Menggunakan tang snap ring, lepas snap ring.
b) Lepas hub sleeve: no. 2 bersama-sama ring
synchromesh dan roda gigi-3
0 komentar:
Posting Komentar