1.
Periksa minyak pelumas, Ganti oli
-Lepas baut pembuangan oli dengan kunci ring 17 / 19 / kunci khusus
-Buka tutup oli kemidian semprot dengan kompresor
-Pasang kembali baut pembuangan
-Masukkan oli baru
-Tutup baut penutup oli
2.
Lepas cover body samping dan tengah
sepeda motor
3.
Lepas filter udara
4.
Lepas Karburator
5.
Bersihkan Karburator
-Lepas mangkuk karburator dengan Obeng +
-Lepas pelampung karburator dengan mendorong pengaitnya keluar
-Lepas Pilot Jet dengan menggunakan Obeng –
-Lepas Main Jet dengan obeng –
-Bersihkan komponen (Bagian dalam karburator, Pelampung, Pilot Jet, Main Jet)
dengan menggunakan bensin dan kuas, kemidian semprot dengan kompresor
-Rakit kembali Karburator
6.
Bersihkan filter udara
-Buka enutup filter udara dengan Obeng +
-Keluarkan busa dan bersihkan dengan kompresor
-Pasang kembali busa pada filter udara
7.
Penyetelan Katup
-Buka 2 penutup katup dengan kunci khusus/kunci inggris
-Buka 2 baut penutup magnet pada blok mesin bagian kiri dengan obeng –
-Putar magnet dengan kunci T 14 / 17 sampai pada posisi top kompresi
•Huruf
T terlihat pada lubang di blok mesin bagian kiri
•Posisi kedua katup bebas (kocak)
-Setel
katup dengan celah 0,05 mm (bebek) dan 0,1 mm (sport)
•Gunakan
kunci ring 9 dan kunci penahan setelan katup
•Kendurkan baut penyetel katup
•Masukkan feller pada celah katup
•Kencangkan baut penyetel katup setelah ukurannya sesuai
•Lakukan bergantian untuk katup in dan ex
-Pasang
kembali baut penutup katup dan baut pada blok mesin bagian kiri
8.
Pasang karburator pada intake
manifold kembali
9.
Hidupkan mesin
10.
Penyetelan Karburator
-Putar ke kanan setelan angin sampai mentok kemudian putar balik ke kiri untuk
motor bebek 1,4 - 1,5 putaran dan untuk motor sport sampe 2,5 putaran.
-Setel gas untuk putaran 3000 - 5000 rpm
-Hidupkan mesin
-Kemudian Setel baut angin sampai posisi suara mesin tertinggi atau suara
knalpot tidak nembak walau sekecil apapun kira kira antara 1,4 - 1,6 putaran
untuk motor bebek. untuk motor sport dari 2,4 - 2,6 putaran.
-Jika sudah ketemu suara mesin tertinggi maka turunkan setelan baut gas hingga
posisi idle atau gak matian (900 -1100 rpm)
-Lalu cek sekali dua kali untuk di gas dan setelah posisi idle mesin gak mati
maka motor sudah enak
-Kalau masih mati ulangi proses dari pertama
11.
Pasang kembali cover body samping
dan tengah sepeda motor
12.
Pengecekan Accu
-Pastikan ketinggian air Accu berada diantara upper (garis atas) dan lower
(garis bawah)
13.
Setel ketegangan Rantai
-Kendurkan baut As roda belakang
-Putar mur penyetel rantai (sampai jarak aman rantai)
-Kencangkan kembali baut As roda belakang
-Lumasi rantai
14.
Setel jarak main pengereman
15.
Cek semua komponen kelistrikan body
-Klakson
-Lampu utama (hi dan low)
-Lampu sein
-Lampu rem
16.
Cek kerja komstir
17.
Bersihkan sepeda motor dengan lap
18.
Kerjakan semua pekerjaan dengan
teliti dan rapi
0 komentar:
Posting Komentar